Jenis – Jenis Lari dari medannya

Lari menjadi trend hidup sehat dimasa kini. Dengan bertumbuhnya berbagai perlombaan yang disajikan dalam berbagai tema dan jarak, masyarakat bebas memilih sesuai kemampuan dan minat mereka. Jenis lomba lari apa yang biasanya sering ditawarkan oleh pihak penyelenggara lari?

  1. Road Running

Lari di jalan beraspal dengan berbagai lintasan dan jarak yang dilombakan. Road Running biasanya dilombakan dengan jarak 5km, 10km, half-marathon (21km) dan full-marathon.

Diantara jenis lari yang dilombakan, Road Running lebih aman karena landasan lari yang datar dan rata, sangat sesuai untuk pemula yang ingin mencoba kemampuannya. Perlombaan road running banyak diadakan di Indonesia terutama daerah Jakarta.

  1. Cross-Country Running

Seperti Road Running tetapi landasan lari berupa rumput atau tanah padat yang datar tanpa melewati semak, atau rintangan. Biasanya padang rumput golf dipakai sebagai lintasan lari lomba ini. Di Negara 4 musim, cross country running juga dilombakan dengan lintasan salju yang datar.

  1. Trail Running

Setelah berlari di jalan dan rumput dengan lintasan yang datar, Trail Running merupakan tahap berikutnya yang ingin dicapai pelari. Berlari di alam bebas seperti gunung, laut,sungai sambil diiringi permandangan yang indah dengan landasan yang berbatu dan tidak rata merupakan tantangan tersendiri. Beberapa tempat yang sering digunakan untuk trail running diantaranya gunung gede, gunung papandayan,sentul, dan lain-lain.

  1. Ultra Running

Lari jarak jauh dengan medan yang ekstrim dan penuh tantangan diluar batas kewajaran manusia. Dalam lomba ini, peserta akan diuji ketangkasan, keberanian,daya tahan dan kemampuan untuk bertahan hidup. Lomba ini biasanya dilombakan di gunung selama berhari-hari tergantung seberapa jauh jarak lintasan dan medan yang dilombakan.

Ultra Running hanya dilombakan untuk pelari yang tangguh dan penuh pengalaman,sangat tidak disarankan untuk pemula dikarenakan sangat beresiko dan selama lomba ini peserta hanya mengandalkan diri sendiri (self support), pihak penyelenggara hanya memberikan dukungan yang minim dan seperlunya kepada peserta. Indonesia telah menyelenggarakan Ultra Running di beberapa tempat seperti Gunung Rinjani dan Gunung Bromo.

  1. Vertical Running

Sesuai dengan namanya Vertikal Running, lintasan tidak datar tetapi naik ke atas. Biasanya diadakan di dalam gedung pencakar langit dengan lintasan tangga darurat gedung. Berbeda dengan Road Running atau Cross Country Running yang lintasannya datar, Vertical Running memulai dan mengakhiri lomba dengan memanjat tangga gedung, sehingga otot paha yang kuat sangat diperlukan di lomba ini.

Dari penjelasan singkat diatas, jenis lari yang mana yang sesuai dengan anda?